Memberikan segala informasi, tips dan tutorial tentang semua cabang olahraga.

Monday, December 3, 2018

Cara latihan agar timing smash bola voli bisa tepat

Cara latihan agar timing smash bola voli tepat. Timing adalah salah satu istilah dalam olahraga bola voli yang sering kita dengar. Menguasai teknik timing ini sangat penting dalam olahraga bola voli karena dengan modal timing ini seseorang bisa melakukan pukulan spike atau smash dengan baik. Tidak hanya pukulan smash, untuk melakukan blocking pun juga membutuhkan timing yang pas / tepat.
 
Postingan artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel tentang pukulan smash bola voli yang telah kita share dan kita bahas beberapa waktu yang lalu. Dengan mempelajari dan melatih timing ini, diharapkan setelah ini kalian akan dapat melakukan pukulan smash dengan baik dan pukulan smash kalian menjadi lebih kuat dan powerful.
 
Saat melihat permainan bola voli, pernakah kalian melihat ada pemain bola voli yang mempunyai jumping/ lompatan yang pas-pasan tapi pemain tersebut seolah-olah mempunyai lompatan yang sangat tinggi? Pasti pernah, kan? Fenomena tersebut terjadi karena pemain bola voli tersebut mempunyai kemampuan timing yang sangat baik. Jadi yang harus kalian pahami, meskipun vertical jump kalian tidak bagus dengan kata lain tidak begitu tinggi tapi kalian mempunyai timing smash yang baik, maka kalian akan tetap dapat melakukan pukulan smash yang bagus juga.
 
Lebih jelasnya mengenai timing bola voli bisa anda lanjutkan membaca mengenai pengertian timing bola voli berikut ini:
http://www.12sports.net/2018/12/timing-smash-bola-voli.html

Pengertian timing dalam olahraga bola voli
Timing berasal dari kata serapan bahasa inggris yang berarti waktu. Namun dalam konteks bola voli ini, timing bukan berarti waktu tapi lebih merujuk pada ketepatan saat melakukan lompatan. Jadi pengertian timing smash dalam bola voli secara lengkapnya adalah teknik dalam permainan bola voli yang bertujuan untuk menyelaraskan lompatan dengan bola umpan dari setter/ toser.
Jadi poinnya adalah 

Timing smash bola voli bukan tentang bagaimana cara melompat lebih tinggi tapi lebih tentang kapan waktu yang tepat untuk melompat.
 
Banyak orang yang keliru dengan mengatakan dia punya lompatan yang tinggi, pasti pukulan smashnya bagus. Padahal itu belum tentu, saya sering menemukan pemain bola voli yang mempunyai vertical jump yang tinggi tapi pukulan smashnya biasa-biasa saja dan tidak mantep sama sekali.
Pukulan spike atau smash yang kurang bagus dan tidak bisa keras powerful umumnya dikarenakan perkenaan antara bola dan telapak tangan kurang tepat, dan kemungkinan besar ini disebabkan karena timing lompatannya yang kurang bagus.
 
Menurut saya malah pemain bola voli yang mempunyai lompatan sangat tinggi justru lebih cenderung kesulitan dalam  menyesuaikan timing saat melakukan lompatan smash. Gak tau kenapa, tapi yang sering saya temui seperti itu. Kemudian kalian pasti menyangkalnya dengan mengatakan, nah itu Rivan Nurmulki dan Rendy Tamamilang vertical jumpnya tinggi kok pukulan smashnya bagus? Yang saya katakan kan lebih cenderung kesulitan, jadi bukan berarti setiap pemain yang mempunyai jumping smash tinggi kesulitan dalam hal timing. Itulah bedanya pemain bola voli yang sudah pro dengan pemain bola voli kacangan seperti kita. Namun bukan tidak mungkin dengan latihan fisik dan teknik secara rutin kalian juga bisa menjadi pemain bola voli professional.
 
Cara menyesuaikan timing saat melakukan pukulan smash bola voli yang benar
Cara menyesuaikan timing saat melakukan pukulan smash bola voli sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya atau mudahnya sebenarnya kita sendiri tahu bagaimana cara mengubahnya agar bisa lebih tepat. Dan susahnya adalah karena biasanya timing yang salah disebabkan karena kebiasaan pemain tersebut dan itu agak sulit untuk dirubah.
 
Timing smash bola voli dapat diubah menjadi lebih baik dengan melakukan latihan spike drill, latihan secara konsisten, dan berkelanjutan sehingga pengamatan terhadap bola umpan secara otomatis dapat terasah dengan baik. Bagaimana cara agar timing saat melakukan smash bisa tepat? Baca dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  1. Pertama-tama, ukur tinggi lompatan kalian dengan pasti menggunakan net bola voli sebagai acuan. 
  2. Perkirakan saat memukul bola bagaimana posisi tangan kalian agar lebih mudah. Praktikkan sambil memegang bola dan membayangkan kira-kira posisi antara net, kepala, dan bola.  
  3. Hitung berapa kira-kira tinggi posisi bola tersebut dengan menggunakan net sebagai acuan. 
  4. Setelah langkah-langkah tersebut sudah anda lakukan, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan langkah awalan saat akan melakukan pukulan smash. 
  5. Saat bola sudah lepas dari tangan setter, lakukan awalan dengan langkah ringan. Jangan langsung menggenjot terkecuali bila bola umpan tersebut adalah bola quick. 
  6. Saat posisi bola jatuh dan ketinggian bola sudah dapat kalian perkirakan, baru tambahkan akselerasi pada langkah awalan. 
  7. Melompatlah dengan memperkirakan posisi ketinggian bola yang dapat dengan mudah kita lakukan pukulan, yang mana telah kita ukur dalam langkah 3 tadi dengan menambahkan waktu yang kalian butuhkan untuk melakukan lompatan. Misalkan posisi ketinggian bola akan mudah dipukul adalah 2,6m maka bisa kalian tambahkan 30 cm sebagai tambahan tempo untuk melakukan awalan lompatan.
Setelah kalian rutin berlatih timing smash bola voli sebagaimana 7 langkah diatas. Saya yakin kalian pasti akan dapat melakukan pukulan smash yang dasyat dan powerful.
 
Timing smash bola voli yang baik tidak serta merta akan kalian dapatkan dengan latihan beberapa kali saja. Karena untuk melatih timing pukulan smash harus melakukan drill smash atau melakukan latihan pukulan smash secara terus-menerus. Latihan smash yang berulang-ulang tersebut adalah untuk melatih atau membiasakan pengamatan kita terhadap bola umpan.
 
Butuh waktu berapa lama untuk menguasai teknik timing smash bola voli ini? Jawaban untuk pertanyaan ini tentu relative. Karena setiap pemain tentu mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap latihan. Apabila kalian termasuk pemain yang berbakat, mungkin teknik timing ini sudah dapat anda kuasai hanya dalam waktu 1-2 bulan. Tapi ada juga yang baru menguasai timing smash ini dalam 6 bulan latihan, 1 tahun, atau bahkan lebih, semua itu tergantung dari individu pemain tersebut bagaimana ia menyerap latihan yang telah ia lakukan.
 
Artikel mengenai cara latihan agar timing smash bola voli bisa tepat sudah kita bahas. Semoga penjelasannya bisa kalian terima dengan baik dan bisa bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa baca juga artikel-artikel lainnya seperti “tips latihan yang dapat menambah tinggi lompatan smash bola voli”.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara latihan agar timing smash bola voli bisa tepat

2 comments:

  1. Replica Audemars Piguet Watches, combining elegant style and cutting-edge technology, a variety of styles of tania parka damska parajumpers , the pointer walks between your exclusive taste style.

    ReplyDelete
  2. Hi!!
    Love your post. It's really amazing & helpful too. I like the way you explained everything. Keep sharing :)
    Thank You & Regards
    Ankita



    a2 hosting black friday

    ReplyDelete