Memberikan segala informasi, tips dan tutorial tentang semua cabang olahraga.

Friday, August 18, 2017

Teknik dasar lempar lembing beserta gambarnya, cara memegang, cara membawa, dan cara melempar

Teknik dasar lempar lembing beserta gambarnya, cara memegang, cara membawa, dan cara melempar. Untuk menjadi atlet lempar lembing yang professional, seorang atlet harus dapat menguasai beberapa teknik dasar lempar lembing dengan baik. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai beberapa teknik dasar lempar lembing yang wajib dikuasai oleh para atlet lempar lembing.
Teknik dasar cara memegang lembing
Untuk dapat melempar lembing dengan maksimal dibutuhkan teknik memegang lembing yang baik dan benar. Terdapat 3 teknik dasar cara memegang lembing, yaitu:

  1. Pegangan cara amerika (American style) adalah teknik pegangan lembing dengan ibu jari dan jari telunjuk bertemu di belakang lilitan atau balutan lembing. https://43sports.blogspot.com/2017/08/teknik-dasar-lempar-lembing.html
  2. Pegangan cara finlandia (Finland style) adalah teknik pegangan lembing dimana ibu jari dan jari tengah bertemu dibelakang balutan atau lilitan lembing. Sedangkan posisi jari telunjuk, agak lurus dengan batang lembing. Seperti pada gambar berikut: https://43sports.blogspot.com/2017/08/teknik-dasar-lempar-lembing.html
  3. Pegangan cara jepitan tang (Tank style) adalah teknik pegangan lembing dengan jari tengah dan jari telunjuk menjepit lembing tepat dibelakang tempat pegangan. Pegangan teknik jepit tank bisa dilihat seperti gambar berikut.           https://43sports.blogspot.com/2017/08/teknik-dasar-lempar-lembing.html
Teknik dasar cara membawa lembing
Setelah anda memahami ketiga teknik cara memegang lembing, teknik dasar selanjutnya yang harus anda kuasai adalah teknik membawa lembing. Ada 3 macam cara membawa lembing yang biasa digunakan pelempar ketika melakukan awalan. Berikut dibawah ini penjelasannya:
https://43sports.blogspot.com/2017/08/teknik-dasar-lempar-lembing.html
  1. Lembing dibawa dengan meletakkannya diatas bahu dengan posisi mata lembing menunjuk miring keatas. 
  2. Lembing dibawa dengan posisi lengan agak kebelakang sedikit. Dan posisi mata lembing menghadap ke depan atas atau serong. 
  3. Lembing dibawa dengan posisi di atas bahu. Dan posisi mata lembing menghadap miring kearah bawah.
Melempar lembing
Teknik melempar yang baik akan menghasilkan lemparan yang maksimal, jauh, dan benar. Dalam teknik melempar lembing dibagi menjadi 3 tahap teknik, yaitu tahap awalan, lemparan, dan akhiran.
https://43sports.blogspot.com/2017/08/teknik-dasar-lempar-lembing.html
  • Tahap awalan
Awalan adalah gerakan lari sambil membawa lembing diatas kepala, dengan lengan ditekuk, siku menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap ke atas. Dan untuk posisi lembing berada sejajar diatas garis pararel tanah. Kemudian langkah terakhir awalan menggunakan langkah silang (cross step). Pada bagian akhir bisa dilakukan langkah dengan beberapa cara berikut ini:
Jingkat (hop step), pada permulaan berlari awalan, lembing dibawa setinggi kepala dengan lengan ditekuk dan siku menghadap ke atas. Kemudian lari sprint atau lari secepat-cepatnya. Dan ketika kaki kiri sudah sampai pada tanda (check mark) yang telah ditentukan. Setelah itu tangan kanan langsung agak diluruskan ke belakang bawah. Kemudian kaki kanan melangkah dan mendarat, dan dengan tumpuan kaki kanan inilah dilakukan gerakan berjingkat. Kaki kanan mendarat terlebih dulu dan kaki kiri langsung ditarik selebar dan sejauh mungkin.
Langkah silang di depan (cross step)
Langkah silang di belakang (rear cross step)
Proses peralihan (cross step) dilakukan ketika kaki diturunkan. Kedua bahu secara perlahan diputar ke arah kanan (bukan kidal). Lengan kanan mulai diluruskan kea rah belakang dengan tubuh bagian atas condong ke belakang. Pandangan mata selalu melihat lurus ke depan. 

  • Tahap lemparan
Untuk melakukan gerakan melempar, tarik bahu kanan dan lengan untuk melakukan lemparan lembing melalui poros bahu dengan kuat ke depan atas. Badan bergerakan melewati kaki depan, kemudian melepaskan lembing.
 
  • Tahap akhiran
Saat lembing dilepaskan, gerakan terakhir yang dilakukan adalah melangkahkan kaki ke depan untuk menyeimbankan agar tidak terjatuh serta melebihi batas garis lemparan.

Demikianlah teknik dasar lempar lembing beserta gambarnya, cara memegang, cara membawa, dan cara melempar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang belajar atau berlatih bermain olahraga lempar lembing. Baca juga “sejarah perkembangan olahraga lempar lembing di indonesia dan dunia”dan "peraturan lempar lembing, ukuran lembing, dan ukuran lapangan".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik dasar lempar lembing beserta gambarnya, cara memegang, cara membawa, dan cara melempar

0 comments:

Post a Comment