Memberikan segala informasi, tips dan tutorial tentang semua cabang olahraga.

Saturday, August 6, 2016

Peraturan pertandingan bulutangkis (badminton) terbaru

Peraturan pertandingan bulutangkis (badminton) terbaru. Badminton atau bulu tangkis adalah suatu olahraga yang menggunakan raket dan dimainkan oleh 2 orang untuk partai tunggal, atau 2 pasangan untuk ganda dan saling bersaing untuk menang. Seperti olahraga tenis, cara bermain bulutangkis yaitu memukul bola (kok/ shuttlecock) agar melewati jaring dan jatuh di bidang permainan lawan yang telah ditetapkan, serta mencegah lawan melakukan hal yang sama.
Terdapat 5 partai yang umumnya dimainkan dalam pertandingan bulutangkis, yaitu:
  1. Tunggal putra 
  2. Tunggal putri 
  3. Ganda putra 
  4. Ganda putri 
  5. Ganda campuran
Lapangan bulutangkis dan jaring (Net)
http://43sports.blogspot.com/2016/08/peraturan-pertandingan-bulutangkis.html
Lapangan bulutangkis mempunyai bentuk persegi panjang dan berukuran seperti pada gambar diatas. Garis-garis yang ada di lapangan mempunyai ketebalan 40 mm, dan mempunyai warna yang kontras dengan warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah kuning atau putih. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari bahan sintetis yang lunak atau kayu. Sangat tidak dianjurkan untuk membuat permukaan lapangan dari bahan-bahan sintetik yang keras seperti beton, karena pemain dapat menimbulkan cidera pada pemain. Jaring (net) mempunyai tinggi 1,55 m dan berada tepat di garis tengah lapangan. Warna jaring harus gelap kecuali bibir jaring harus putih dengan tebal 75 mm.
 

Perlengkapan permainan bulu tangkis
  • Raket
Raket bulutangkis tradisional terbuat dari bahan kayu. Kemudian bahan aluminium atau logam ringan lainnya lebih dipilih sebagai bahan pembuat raket. Dan kini kebanyakkan raket bulutangkis profesional terbuat dari bahan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan yang lebih terhadap perbandingan berat, serta memberikan perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun beberapa raket dengan model rendahan masih menggunakan aluminium atau baja sebagai bahan keseluruhan atau sebagian.
  • Senar
Senar adalah salah satu bagian yang paling diperhatikan dalam permainan olahraga bulutangkis ini. Masing-masing jenis senar memiliki ketahanan serta kinerja yang berbeda-beda. Kebanyakan senar berketebalan ukuran 21 dan ditarik dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Untaian ketegangan senar tergantung dari kesukaan pribadi sang pemain.
  • Kok (shuttlecock)
Kok adalah bola yang dipergunakan dalam permainan bulutangkis. Kok terbuat dari bulu angsa yang dirangkai atau disusun menjadi bentuk kerucut terbuka dan pangkalnya berbentuk setengah bola yang terbuat dari kayu dan gabus. Dalam pertandingan tidak resmi seperti latihan juga biasa digunakan kok yang terbuat dari plastik.
  • Sepatu
Karena olahraga bulutangkis membutuhkan kecepatan dan kelincahan dalam sepanjang permainan, maka pemain bulutangkis membutuhkan sepatu dengan pegangan lantai yang maksimal. Oleh karena itu sepatu bulutangkis mempunyai sol dari bahan karet yang memiliki cengkraman sangat baik pada lantai, dinding sisi yang bertulang agar dapat tahan lama saat tarik-menarik, serta teknologi penyebaran goncangan saat melompat.

Area permainan (bidang permainan) bulutangkis
http://43sports.blogspot.com/2016/08/peraturan-pertandingan-bulutangkis.html

Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi yang bersebrangan pada kedua sisi jaring di lapangan. Permainan bulutangkis dimulai atau diawali dengan salah satu pemain melakukan pukulan servis. Tujuan dari permainan ini adalah memukul bola/ kok menggunakan raket, agar kok dapat melewati jaring dan masuk ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikan kok tersebut. Area permainan untuk partai tunggal dan partai ganda berbeda. Seperti yang diperlihatkan pada gambar diatas. Apabila kok jatuh diluar area permainan tersebut maka kok dinyatakan “keluar”.
Setiap kali pemain atau pasangan tidak dapat mengembalikan kok, baik itu karena menyangkut di net atau keluar lapangan, maka lawannya akan memperoleh poin. Permainan akan berakhir apabila salah satu pemain telah mencapai sejumlah poin tertentu.

Servis
http://43sports.blogspot.com/2016/08/peraturan-pertandingan-bulutangkis.html

Area servis
Servis dilakukan dari salah satu sisi lapangan (kanan atau kiri) dan dipukul menyilang menyeberangi net ke arah lawan. Area servis berbeda untuk partai tunggal dan partai ganda, seperti yang diilustrasikan pada gambar area servis diatas. Apabila kok jatuh diluar area permainan tersebut, maka kok dinyatakan keluar dan penerima bola servis mendapatkan poin.
Posisi melakukan servis disisi kiri atau kanan ditentukan oleh jumlah poin yang telah didapatkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan apabila jumlah poin genap dan kiri bila jumlah poin ganjil. Dan apabila poinnya masih nol maka dilakukan servis dari posisi kanan. Pada set pertama, pemain / pasangan mana yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian. Sedangkan untuk set selanjutnya dilakukan oleh pemain/ pasangan yang memenangkan set sebelumnya.
Pada partai ganda, beberapa peraturan servis yang diterapkan berbeda untuk perhitungan bola sistem pindah bola dan reli poin.
Peraturan servis pada sistem pindah bola
  1. Sebelum pertandingan di mulai, harus ditentukan terlebih dulu salah seorang pemain dari masing-masing pasangan yang akan melakukan servis pertama kali. 
  2. Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi saat melakukan servis. 
  3. Sebelum terjadi pindah bola, setiap pasangan memiliki kesempatan 2 kali melakukan servis (masing-masing pemain 1 kali servis). Kecuali servis pertama kali pada tiap awal set tidak memperoleh kesempatan kedua.  
  4. Saat terjadi pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada pada posisi kanan, bukan oleh orang pertama.
Peraturan servis pada sistem reli poin
  1. Setiap pasangan hanya memperoleh kesempatan 1 kali servis, tidak ada kesempatan servis kedua. 
  2. Pemain yang melakukan servis adalah pemain yang berada pada posisi yang sesuai dengan poin yang diraih pasangan saat itu. 
  3. Pemain yang sama akan melakukan servis secara terus menerus apabila mendapatkan poin hingga poin berikutnya didapat oleh lawan.
Sistem perhitungan nilai/ poin pada olahraga bulutangkis
Sejak bulan mei 2006, semua kejuaraan resmi bulutangkis untuk seluruh partai telah menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. Pemenangnya adalah pemain atau pasangan yang telah memenangkan 2 set permainan. Sebelumnya sistem perhitungan poin olahraga badminton telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari sistem klasik 15 poin pindah bola hingga sistem perhitungan terbaru, sistem reli 21 poin.
  • Sistem klasik
Sistem klasik berlaku hingga tahun 2002 sebelum diganti dengan sistem 5x7 poin. Sistem yang berlaku merupakan sistem pindah bola, dengan kata lain poin hanya akan didapat oleh pemain/ pasangan yang melakukan servis. Dan seorang/ sepasang pemain akan dikatakan menang apabila telah memenangkan 2 set permainan. Dengan sistem perhitungan nilai/ poin untuk tiap setnya sebagai berikut ini:
Untuk partai tunggal putra dan semua partai ganda
  1. Setiap set terdiri dari 15 poin. 
  2. Apabila terjadi kedudukan dengan poin 13 sama. Seorang/ sepasang pemain yang lebih dulu mencapai poin 13, memperoleh kesempatan untuk menentukan apakah dilakukan jus (deuce) 5 (set permainan tersebut akan berakhir pada poin 18) atau tidak (set tersebut tetap berakhir pada poin 15).
  3. Apabila terjadi kedudukan dengan poin 14 sama. Maka pemain/ pasangan yang lebih dulu memperoleh poin 14 tersebut berhak menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan berakhir pada poin ke 17) atau tidak (set permainan tetep berakhir pada poin 15). 
  4. Apabila penentuan terjadinya jus telah dilakukan ketika terjadi kedudukan poin 13 sama, maka tidak ada penambahan poin lagi apabila terjadi kedudukan 14 sama.
Untuk partai tunggal putri
  1. Setiap set terdiri dari 11 poin. 
  2. Apabila terjadi kedudukan dengan poin 9 sama, maka pemain yang lebih dulu meraih poin 9 berhak menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan akah berakhir pada apabila telah mencapai poin 12) atau tidak (set tetap berakhir pada poin 11). 
  3. Apabila terjadi kedudukan sama pada poin 10, maka pemain yang lebih dulu mencapai poin 10 tersebut, memperoleh kesempatan untuk terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 12) atau tidak (permainan akan tetep berakhir pada poin 11 ). 
  4. Bila keputusan terjadinya jus telah diambil pada poin 9 sama, maka bila terjadi kedudukan poin 10 sama tidak lagi dilakukan penambahan poin.
  • Sistem perhitungan 5x7 poin
Sistem ini hanya berlaku hingga agustus 2002. Sistem yang berlaku masih tetap sistem pindah bola, dengan kata lain hanya pemain/ pasangan yang melakukan servis yang bisa memperoleh poin. Namun sistem ini berbeda dengan sistem klasik, dimana pemain/ sepasang pemain baru dinyatakan memenangkan pertandingan apabila telah menang 3 set permainan. Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk partai ganda atau partai tunggal. Dengan perhitungan nilai/ poin untuk tiap setnya sebagai berikut ini:
  1. Satu set terdiri dari 7 poin. 
  2. Apabila terjadi kedudukan dengan poin 6 sama, maka pemain/ pasangan yang mencapai poin 6 terlebih dulu berhak menentukan apakah terjadi jus 2 (set tersebut akan berakhir pada poin 8) atau tetap berakhir pada poin 7.
Setelah sistem 5x7 poin, sistem perhitungan poin bulutangkis kembali ke sistem klasik pada bulan agustus 2002 dengan beberapa perubahan.
Untuk partai tunggal putra dan semua partai ganda
  1. Satu set permainan terdiri dari 15 poin. 
  2. Apabila kedudukan poin 14 sama, maka pemain/ pasangan yang mencapai poin 14 terlebih dulu berhak menentukan apakah perlu terjadi jus 3 (set permainan akan berakhir pada poin 17) atau tetap 15 poin.
Untuk partai tunggal putri
  1. Satu set permainan terdiri dari 11 poin. 
  2. Bila terjadi perolehan poin 10 sama, maka pemain yang terlebih dulu mencapai poin 10 akan menentukan apakah terjadi jus 2 (set tersebut akan berakhir pada poin 12) atau tetap berakhir pada poin 11.
  • Sistem reli 3x21 poin
Sistem reli poin mulai diberlakukan pada bulan Mei 2006. Tidak ada perbedaan dalam sistem perhitungan untuk partai tunggal dan ganda, maupun untuk putra dan putri. Sistem yang berlaku adalah sistem reli poin, dengan kata lain apabila seorang / sepasang pemain melakukan kesalahan, maka lawan langsung mendapatkan poin. Seorang/ sepasang pemain yang memenangkan pertandingan adalah yang menang 2 set permainan. Dengan perhitungan poin untuk tiap setnya sebagai berikut ini:
  1. Satu set permainan terdiri dari 21 poin. 
  2. Bila terjadi perolehan poin 20 sama, maka otomatis akan terjadi deuce 2 poin (permainan akan berakhir pada poin 22). 
  3. Jus 2 akan otomatis diberlakukan apabila terjadi kedudukan poin sama kembali (set permainan akan berakhir apabila terjadi selisih angka 2 poin). 
  4. Dan apabila terjadi kedudukan sama hingga poin 29, maka tidak lagi dilakukan jus (set permainnan tersebut akan berakhir pada poin 30).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peraturan pertandingan bulutangkis (badminton) terbaru

2 comments:

  1. Bandar Judi Bola, Live Casino, Agen Poker & Live Game Terbaru dan Terpercaya di Asianbola77
    Gampang Daftar, Gampang Main dan Gampang Menangnya..
    Link daftar : http://asianbola77.com/register
    Prediksi Jitu : http://asian77bola.com/
    BBM : DC8820C7
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN :
    - SPORTBOOK
    - LIVE CASINO
    - POKER
    - SLOT GAME
    - LIVE GAME

    Segera Bergabung Bersama Kami di Asianbola77
    Promo Menarik Dari Asianbola77
    - Minimal Deposit Rp 25.000
    - Minimal Withdraw Rp 50.000
    - BONUS NEW MEMBER SPORTBOOK 100%
    - BONUS DEPOSIT HAPPY HOUR 09:00 - 21:00 WIB
    - BONUS CASHBACK UP TO 15%
    - BONUS LIVECASINO UP TO 0,8%
    - BONUS ROLLINGAN POKER 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2.5%
    Contact Us Now :
    ?? Wechat : Asianbola77
    ?? BBM : DC8820C7
    ?? Wa : +6281244043118
    ?? Line : Asianbola77

    ReplyDelete
  2. Studies show that badminton playing for about 30 minutes daily after a good warm up can make an individual live longer, mainly because all of the systems of the body are strengthened.Tennis

    ReplyDelete