Memberikan segala informasi, tips dan tutorial tentang semua cabang olahraga.

Monday, May 30, 2016

Pengertian dan tugas pemain libero dalam permainan bola voli

Pengertian dan tugas pemain libero dalam permainan bola voli. Libero adalah pemain belakang atau pemain bertahan dalam olahraga bola voli. Pemain libero bertugas untuk menahan serangan-serangan lawan yang biasanya berupa pukulan smash yang keras, cepat, dan mematikan. Seorang libero umumnya dipilih karena memiliki kualitas teknik passing yang baik khususnya passing bawah, karena digunakan untuk menahan serangan berupa pukulan smash dari lawan yang keras dan cepat. Pemain libero bola voli adalah pemain yang sangat dinamis dan bebas, namun pemain libero dilarang melakukan servis, blocking, ataupun smash. Selain itu dalam suatu pertandingan, kostum yang dipakai seorang pemain libero berbeda dengan kostum rekan setimnya. 
http://43sports.blogspot.com/2016/05/pengertian-tugas-pemain-libero.html 
Berikut ini ketentuan atau aturan khusus untuk pemain libero:
  • Seorang libero dapat menggantikan setiap pemain yang sedang berada di posisi belakang. 
  • Pemain libero hanya dapat bermain sebagai pemain belakang dan tidak diperbolehkan untuk melakukan serangan berupa pukulan smash atau semacamnya apabila saat perkenaan bola, posisi bola berada lebih tinggi dari ketinggian net. 
  • Pemain libero juga tidak diperkenankan melakukan blocking (usaha membendung serangan lawan) ataupun melakukan servis.  
  • Pemain depan tidak diperbolehkan melakukan pukulan yang mana ketika perkenaannya bola berada lebih tinggi dari ketinggian net. Aturan seperti ini berlaku apabila bola tersebut berasal dari operan/ umpan yang dilakukan libero menggunakan passing atas. Namun apabila umpan yang dilakukan libero tersebut menggunakan passing bawah, maka bola tersebut bebas untuk dipukul oleh pemain depan.
Lihat juga "Posisi pemain bola voli berdasarkan fungsi perannya".
Aturan pergantian pemain libero:
  • Pemain libero bebas keluar masuk lapangan atau pergantiannya tidak terbatas, namun harus diselingi satu reli diantara pergantian tersebut. 
  • Pemain libero hanya diperbolehkan keluar masuk lapangan permainan melalui garis samping yang ada di depan bangku cadangan, atau gari diantara garis serang dan garis belakang. 
  • Pergantian pemain libero hanya dapat dilakukan ketika bola mati sebelum wasit 1 meniup peluit untuk melakukan servis, atau pada saat awal dimana wasit 2 sedang melakukan pengecekan posisi pemain.
Skill yang harus dimiliki oleh pemain libero:
  • Memiliki dasar-dasar teknik pertahanan yang sangat kuat 
  • Memiliki teknik passing yang sangat baik, baik itu passing atas ataupun passing bawah, khususnya passing bawah. Baca juga"cara melakukan passing bawah".
  • Memiliki kekuatan dan kelincahan untuk menahan berbagai serangan dari lawan, baik itu dari pukulan servis yang keras ataupun smash yang mematikan.
Demikianlah pengertian dan tugas pemain libero dalam permainan bola voli. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang ingin belajar tentang olahraga bola voli. Jangan lupa baca juga artikel bola voli selanjutnya seperti “macam-macam smash bola voli berdasarkan umpan”.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan tugas pemain libero dalam permainan bola voli

0 comments:

Post a Comment